Home » , , , » #RAI Kerispatih - Melekat Di Jiwa (2012) : Album Perjuangan

#RAI Kerispatih - Melekat Di Jiwa (2012) : Album Perjuangan

Written By ajis f on Tuesday 2 April 2013 | 14:30

Kerispatih - Melekat Di Jiwa (2012) (Koleksi Pribadi Om Singo)
Ada beberapa hal yang menarik di album yang dirilis tahun 2012 ini. Yang pertama, album ini adalah album penuh pertama bagi Fandy, vokalis 'baru' Kerispatih, sejak bergabung dengan Kerispatih di tahun 2010. Kedua, di album ini beda dengan album-album sebelumnya, ada track full-orchestra berjudul 'Unforgettable Journey (2003-2011)' dan track tersebut ditempatkan sebagai pembuka album alias track pertama. 

"Lagu itu sebetulnya penghargaan untuk monumen-monumen sejarah Kerispatih yang sudah terbangun sejak 2003. Kerispatih ingin mengabadikan hal itu dengan bentuk lain, yakni orkestrasi" ujar kibordis sekaligus frontman Kerispatih, Badai, saat dihubungi via telfon. Badai dibantu oleh Oni Krisnerwinto mengaransemen beberapa lagu andalan dari album ke album dan dikemas dalam tatanan musik orkestra yang ciamik dan menyayat-nyayat terlebih ketika terdengar suara violin digesekkan. 

Yang menarik lagi di track ke-6, lagu yang berjudul 'Karena Mereka Selalu Ada (Mahapatih Anthem)', merupakan lagu yang dipersembahkan khusus oleh Kerispatih kepada para Mahapatih yang selalu ada untuk Kerispatih dalam kondisi suka dan duka. 

"Sejak Kerispatih berdiri, kita belum pernah memberikan sesuatu yang berharga untuk Mahapatih. Judul 'Karena Mereka Selalu Ada' sendiri berangkat dari kondisi Kerispatih yang pada masa (transisi) itu, Mahapatih selalu ada untuk mendukung Kerispatih meskipun banyak perbandingan-perbandingan dan selentingan miring orang tentang icon baru Kerispatih" lanjut Badai.

Badai sendiri menyebut album ini adalah album perjuangan dan melalui album ini Kerispatih ingin menjadi band yang visioner dimana 20-30 tahun mendatang, karya mereka tetap menjadi suara latar kehidupan percintaan manusia. 

"Ini adalah album perjuangan bagi Kerispatih untuk kembali ada di musik Indonesia dan memang visi dari Kerispatih yaitu lagu-lagu kita akan selalu jadi soundtrack hidup manusia dan akan selalu melekat di jiwa"

Badai juga memberikan kabar baik untuk Mahapatih bahwa mulai 1 Mei 2013, Kerispatih akan malangsungkan tur 10 kota dalam rangka ulang tahun Kerispatih ke-10.

Pada #RAI 'Review Album Idola' kali ini, kita juga mengundang TJ Singo atau yang biasa disapa Om Singo, seorang kolektor karya-karya fisik musisi Indonesia. Om Singo sendiri merupakan fans dari Kerispatih karena memang musik Kerispatih ada benang merahnya dengan musik Kla Project, karena sebetulnya Om Singo adalah Klanis sejati sama halnya dengan Badai. Melalui kesempatan itu Om Singo juga mengkritisi label musik yang pelit untuk mendistribusikan album penuh dari musisinya. Label cenderung mengirimkan single pertama, kedua, ketiga dst, padahal sebenarnya ada lagu bagus yang tidak termasuk dalam urutan single-single tersebut. 

"Mestinya label ada budget promo untuk distribusi album penuh ke radio-radio di daerah, agar karya-karya yang bagus yang tak masuk dalam urutan single, bisa diputer dan dinikmati khayalak ramai" komentar Om Singo. 

Sesi foto bareng setelah siaran #RAI Kerispatih - Melekat Di Jiwa (2012). (ki-ka : @ajisfahreja @singolion @ibengaprilio) (foto : Tj Singo)

Share this article :

3 komentar:

  1. penulisan yg benar adalah KLanese, dab. EYD = Ejaan Yang Disahkan :))

    ReplyDelete
  2. sungguh, saya penasaran dengan data dan fakta pendengar acara ini. sebagai seorang guru, saya merasa gagal memberikan waktu interaksi lebih banyak kepada murid (pendengar). apa karena saking asiknya bicara ttg Kerispatih ya? :)

    ReplyDelete



 
Support : I-Radio Network Copyright © 2013. #SoreSore I-Radio Jogja - All Rights Reserved